Kamis, 24 Maret 2011

Profesi-profesi Web



Tumbuhnya internet makin lama makin sangat diperlukan oleh segala lapisan masyarakat, mulai dari kalangan pelajar sampai kepada kalangan bisnis. Dengan adanya World Wide Web membuat dunia informasi semakin diminati dan dirasakan kegunaannya, dimulai dari penayangan profil hingga ke jalur transaksi sudah banyak dilakukan melalui web di masing-masing situs milik masing-masing. Kebutuhan seperti ini menimbulkan banyak profesi-profesi baru didalam dunia internet, diantarnya :
- Web Designer
- Web Programmer
- Web Administrator
- Web Master
- Web Developer


Web Designer
Tugasnya adalah pendisainan tampilan situs (web) mulai dari pengolahan gambar, tata letak, warna, dsb. Didalam pendandanan suatu situs seorang Web Designer harus menguasai :
– HTML, DHTML
- Pengolah Gambar
- Animasi, Movie (Film)
Web Programmer
Jika situs yang akan dibuat mempunya fasilitas interaksi antara pengunjung dan situs misalnya menyangkut dengan transaksi, input output data dan database maka seorang Web Programmer yang akan mengerjakannya dengan membuat aplikasi-aplikasi yang berkerja diatas situs (web). Penguasaan yang biasanya harus dikuasai pada umumnya oleh Web Programmer :
– CGI Perl, PHP, MySQL (Unix base)
- ASP (NT base)
- Java Script dan Applet
Web Administrator
Tugasnya adalah untuk memaintenance suatu server, mengerti akan Sistem Operasi Server, baik itu mulai dari instalasi sampai kepada masalah (troubleshooting), biasanya seorang Web Administrator harus menguasai :
– OS Unix (LInux, FreeBSD, dll)
- OS NT
- Jaringan (LAN, WAN, Intranet)
- Keamanan Server
Web Master
Seoarang Web Master adalah seorang yang mengerti akan kesemua hal mulai dari disain, program dan keamanan server namun tidak terlalu turut mencampuri ke masing-masing divisi, cukup dengan mempertanggun jawabkan atas jalannya suatu situs (web). Penguasaan yang harus dimiliki :
– HTML, DHTML
- CGI Perl, PHP, MySQL, ASP, Java
- Penguasaan bermacam OS (Operating System)
- Keamanan Server
- Jaringan (LAN, WAN, Intranet)


Web Developer
Kegiatan diatas secara keseluruhan dinamakan suatu team yang dinamakan Web Developer.
Dari kesemua penjelasan ini hanya bersifat pada umumnya, jika ada kerangkapan tugas maupun penambahan penguasaan dan pengetahuan, semua tergantung dari kebutuhan pihak masing-masing.
Manajerial Bikin Web
Yang perlu dipersiapkan dalam membuat homepage adalah sebagai berikut:
pastikan anda sudah memikirkan tujuan/tema dari homepage tersebut, misalnya: membuat homepage untuk pribadi (http://budimandinny.virtualave.net), portal (http://www.kodoq.com/), perusahaan (http://www.bouraq.com/), organisasi (www.bubu.com/ivs) atau yang lainnya.
setelah mendapatkan tujuan/tema yang anda inginkan, mulailah dengan menyusun atau menjabarkan struktur dari homepage yang ingin anda buat tersebut kedalam bentuk diagram flow (flowchart), ini akan sangat membantu anda dalam pengerjaan penyusunan informasi yang akan anda buat dalam homepage nantinya.
menyiapkan semua bahan yang diperlukan untuk pembuatan homepage tersebut, seperti gambar-gambar yang ingin ditampilkan, foto-foto, tulisan-tulisan dan lain sebagainya.
Setelah anda menyiapkan semua yang tersebut diatas, mulailah untuk membuat tampilan awal yang merupakan halaman utama dari homepage yang anda miliki. Langkah-langkah yang perlu dikerjakan antara lain:
pikirkan tampilan seperti apa yang ingin anda buat. Buatlah sket pada selembar kertas, gunanya untuk mempermudah anda dalam menentukan dimana anda ingin menempatkan letak dari gambar, ikon maupun teks yang ingin ditampilkan pada halaman depan. Jika anda mengalami kesulitan, anda dapat menggunakan tempelate atau wizard yang tersedia pada ForntPage atau fasilitas-fasilitas pembuat homepage lainnya.
untuk membuat gambar, foto atau ikon yang ingin ditampilkan, anda dapat menggunakan Adobe PhotoShop atau fasilitas pengedit gambar lainnya untuk mengedit atau memodifikasi tampilan gambar sesuai dengan yang anda inginkan.
gambar, foto atau ikon yang telah anda edit atau modifikasi sebaiknya disimpan dalam bentuk (format) “jpg” untuk foto dan “gif” untuk gambar atau ikon. Pastikan bahwa ukuran dari gambar tersebut tidak terlalu besar. Karena ini akan mempengaruhi waktu download pada saat membuka homepage ini. Untuk ikon sebaiknya ukurannya tidak lebih dari 3 Kb (idealnya 1 – 2 Kb), untuk gambar atau foto sebaiknya tidak lebih dari 30 Kb (idealnya 10 – 20 Kb).
seperti yang sudah di bahas pada edisi sebelumnya, tempatkanlah file untuk gambar, foto atau ikon tersebut dalam suatu folder tersendiri, misalnya folder “images”.
untuk menampilkan teksnya, anda tinggal mengetik teks tersebut pada format halaman yang telah anda siapkan atau anda dapat mengetik teks tersebut dengan menggunakan MS Word atau Note Pad, kemudian anda tinggal mencopy teks tersebut.
Jika anda telah menyelesaikan halaman depan tersebut anda dapat melanjutkan untuk membuat halaman isinya. Cara-cara yang dilakukan sama dengan pembuatan halaman depan. Hanya saja pada halaman isi yang lebih diutamakan adalah menampilkan informasi yang dibutuhkan. Biasanya tampilan grafisnya tidak sebanyak halaman depan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar